ritual setelah praktikum - foto selfie bareng kelompok lain
Praktikum kali ini lebih menarik dari praktikum sebelumnya. Jika pada praktikum sebelumnya sudah memakai display, sekarang dilanjutkan dengan penggunaan kontrol. Device yang digunakan untuk kontrol adalah matrix keypad 3x4. Jadi untuk praktikum kali ini kami diminta untuk implementasi ke ARDUINO menggunakan device kontrol tersebut, terserah bentuknya mau gimana.
Ide awal kelompok kami adalah membuat permainan, semacam Flappy Bird. Ternyata eh ternyata bakalan susah dan kompleks untuk nge-random rintangannya. Walhasil kami nggak jadi membuat permainan. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat kalkulator. Banyak sebenarnya kode di internet untuk membuat kalkulator, tapi nggak menantang bro. Kami memutuskan untuk membuat sendiri kodenya. Yeah.
Rangkaian
Pertama kali, kami khawatir bakalan cukup atau tidak pin untuk input/output. Setelah dihitung-hitung ternyata cukup. Karena rangkaiannya bakal rumit kalau digambarkan, kami tidak sertakan gambarnya. Tapi pemasangannya sederhana banget. Lihat gambar di bawah ini untuk melihat keterangan bagian-bagian LCD dan Matrix keypad. Lalu lihat keterangan di bawahnya untuk lokasi pin-nya.
penamaan pin terurut dari atas (*) sampai bawah (#) |
Berikut adalah daftar pasangan pin LCD dan Matrix keypad di atas dengan pin di ARDUINO :
- row 0 = 0
- row 1 = 13
- row 2 = 12
- row 3 = 11
- col 0 = 10
- col 1 = 9
- col 2 = 8
- Gnd dan R/W = ground
- Vcc = 5V
- V0 = pin tengah potentiometer
- Rs = 7
- E = 6
- D4 = 5
- D5 = 4
- D6 = 3
- D7 = 2


hasil rangkaian
Kode program
// include library LCD dan Keypad #include <keypad.h> #include <liquidcrystal.h> // Mendefinisikan LCD LiquidCrystal lcd(7, 6, 5, 4, 3, 2); const int inPin = 0; // Mendefinisikan Keypad const byte ROWS = 4; // 4 baris const byte COLS = 3; // 3 kolom // Definisi posisi kunci, sesuaikan dengan gambar char keys[ROWS][COLS] = { {'1','2','3'}, {'4','5','6'}, {'7','8','9'}, {'*','0','#'} }; // Hubungkan dengan pin di ARDUINO byte rowPins[ROWS] = { 0, 13, 12, 11 }; byte colPins[COLS] = { 10, 9, 8 }; // Membuat objek Keypad Keypad kpd = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); // Definisi variabel-variabel int var1 = 0; int var2 = 0; int no_operan = 0; // nomor operator char operan=' '; // operator char operans[4] = {'+', '-', '/', 'x'}; // isi operator boolean is_var1 = true; // untuk menentukan apakah sedang dalam var1? String var1_str; // penampung var1 String var2_str; // penampung var2 // inisiasi void setup() { Serial.begin(9600); lcd.begin(16, 2); lcd.setCursor(0, 0); } // loop utama void loop() { char key = kpd.getKey(); // mendapatkan posisi key yang ditekan if(key) // cek validasi { // jika pager maka hapus semuanya if(key == '#'){ lcd.clear(); var1_str=""; var2_str=""; operan=' '; var1=0; var2=0; } // jika angka yang ditekan if((key != '*')&&(key != '#')){ if((is_var1)&&(operan == ' ')){ // variabel 1 var1_str += key; lcd.print(key); }else{ // variabel 2 is_var1=false; var2_str += key; lcd.print(key); } } // jika yang ditekan bintang, untuk menentukan operator if(is_var1){ if((key == '*')&&(var1_str != "")){ // tekan pertama kali untuk ganti oprator lcd.setCursor(0, 1); operan=operans[no_operan]; lcd.print(operans[no_operan]); no_operan++; if(no_operan>3){ no_operan=0; } } }else{ // tekan kedua kali untuk hasil operasi if((key == '*')&&(var2_str != "")){ var1 = var1_str.toInt(); var2 = var2_str.toInt(); if(operan == '+'){ var1 = var1+var2; }else if(operan == '-'){ var1 = var1-var2; }else if(operan == '/'){ var1 = var1/var2; }else if(operan == 'x'){ var1 = var1*var2; } lcd.clear(); var2_str=""; operan=' '; lcd.setCursor(0,0); lcd.print(var1); is_var1=true; } } Serial.println(key); }
Hasil praktikum
pertama kali coba keypad dan ditampilkan ke LCD
kalkulator pertama kali, hitungan kedua ngaco
kalkulator kedua, sukses. walaupun cuma bisa sekali hitung
Terima kasih
Muhammad Fatoni / STI / 18211042
0 comments :
Post a Comment